https://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/issue/feedSeminar Nasional Pengabdian dan Kolaborasi2025-08-04T04:50:24+00:00Open Monograph PressSeminar Nasional Pengabdian dan Kolaborasi (SPASI)https://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/87Peningkatan Minat Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 SDN 2 Bebalang Bangli dengan Menggunakan Media Interaktif 2025-08-04T04:50:24+00:00Aniek Suryanti KusumaPutu Adi Surya ArtayasaI Ketut Agus SanjayaSamuel WelsonIda Bagus Ketut Sukanegara<p>Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk menigkatkan minat dan pemahaman siswa kelas 4 SD Negeri 2 Bebalang, terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan fokus materinya yaitu bagian-bagian tumbuhan melalui media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi. Analisis awal yang dilakukan oleh penulis menungjukkan bahwa adanya penurunan motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional dan monoton, serta kurangnya fasilitas yang mendukung. Solusi yang ditawarkan berupa pengembangan aplikasi edukatif yang disertakan dengan fitur animasi, video, kuis gamifikasi, dan forum diskusi untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan guru, pendampingan siswa, dan evaluasi berbasis partisipasi serta hasil belajar. Adapun hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam belajar. Siswa mampu memahami materi dengan lebih baik, terutama bagian-bagian tumbuhan. Selain itu, siswa juga belajar menggunakan teknologi digital dan bekerja sama dalam kelompok untuk mendiskusikan pelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran baru ini berhasil meningkatkan kualitas belajar siswa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang terhadap proses belajar mengajar di sekolah.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Aniek Suryanti Kusuma, Putu Adi Surya Artayasa, I Ketut Agus Sanjaya, Samuel Welson, Ida Bagus Ketut Sukanegarahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/36Pelatihan Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Untuk Aplikasi Persensi Dan Pengelolaan Honor Di Oemah Drum Creative2025-07-01T17:14:44+00:00Ni Kadek AriasihKompiang Martina Dinata PutriPutu Arya MulyawanNi Putu Yunita Gauri <p>Pengelolaan data digital memegang peranan penting dalam era digitalisasi, khususnya dalam dunia bisnis sebagai landasan pengambilan keputusan yang tepat dan akurat. Dalam konteks sekolah musik Oemah Drum Creative (ODC), pengelolaan data presensi dan penggajian instruktur masih mengalami kendala karena proses manual yang menyulitkan pencatatan dan perhitungan honor. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim peneliti dari INSTIKI bekerja sama dengan ODC mengembangkan sistem presensi dan pengelolaan honor berbasis web. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test kegiatan pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman dalam pengoperasian sistem. Nilai rata-rata pre-test sebesar 31,75 dan post-test sebesar 31,25, menunjukkan adanya peningkatan kompetensi pengguna setelah pelatihan. Meskipun perubahan nilai numerik tampak kecil, data ini mengindikasikan efektivitas intervensi pelatihan dalam meningkatkan kemampuan penggunaan aplikasi. Program pelatihan yang dilaksanakan dari November 2024 hingga Juni 2025 ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan akurasi operasional melalui pemanfaatan teknologi web serta memperkenalkan sistem yang fleksibel dan efektif untuk monitoring kinerja. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana sosialisasi Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia (INSTIKI) dalam pengabdian masyarakat dengan mengimplementasikan teknologi informasi di sektor UMKM.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Kadek Ariasih, Kompiang Martina Dinata Putri, Putu Arya Mulyawan, Ni Putu Yunita Gauri https://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/61PKM : Virtual Tour Reality 360 Pengenalan Rumah Adat Bali Berdasarkan Asta Kosala Kosali di Museum Yadnya2025-07-03T07:51:17+00:00Ida Bagus Gede SarasvanandaI Komang TarsakaWelda WeldaKomang Arya Ganda Wiguna<p>Museum Yadnya merupakan salah satu pusat pelestarian budaya Bali yang menyimpan berbagai koleksi berkaitan dengan upacara dan tradisi adat, termasuk Rumah Adat Bali. Namun, kurangnya media informasi digital yang interaktif menjadi kendala dalam penyampaian informasi kepada generasi muda dan wisatawan, terutama di era digital saat ini. Mitra, dalam hal ini pengelola Museum Yadnya, menghadapi permasalahan berupa keterbatasan media edukasi yang menarik dan modern untuk memperkenalkan koleksi budaya kepada masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengembangkan media informasi berbasis teknologi <em>Virtual Reality (VR) Tour</em> 360° yang dapat memperkaya pengalaman pengunjung serta memperluas jangkauan edukasi budaya secara daring. Metode pelaksanaan meliputi tahapan observasi, wawancara, pengumpulan data visual, perancangan model 3D, dan pengembangan media VR Tour yang terintegrasi dalam website rumahadatbali.com. Website ini dapat diakses melalui perangkat komputer dan seluler, dengan fitur utama seperti virtual tour interaktif, metadata objek 3D, informasi sejarah, dan galeri visual. Evaluasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner <em>User Experience Questionnaire</em> (UEQ) kepada 30 responden untuk menilai aspek daya tarik, efisiensi, kejelasan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil pengujian menunjukkan seluruh aspek memperoleh nilai rata-rata dengan kategori "<em>Excellent</em>", menandakan media yang dikembangkan sangat efektif dan disukai pengguna. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil menjawab kebutuhan mitra akan media edukatif yang inovatif dan berpotensi menjadi model digitalisasi budaya lainnya di Bali.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ida Bagus Gede Sarasvananda, I Komang Tarsaka, Welda Welda, Komang Arya Ganda Wigunahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/76Pemanfaatan ChatGPT untuk Meningkatkan Efisiensi Kinerja Kader Kesehatan di Puskesmas Sukawati II2025-07-10T00:38:52+00:00Emmy Febriani ThalibNi Putu Suci MeinarniI Putu Agus Eka Darma UdayanaDewa Komang Hanum Bhavita AnandaI Gede Krisna MahardikaI Gusti Agung Ngurah Adhitya Khrismayana<p>Kader kesehatan berperan penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat dasar, namun masih banyak yang menghadapi keterbatasan dalam akses informasi dan efisiensi kerja, terutama di wilayah Puskesmas Sukawati II, Kabupaten Gianyar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader kesehatan dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, khususnya ChatGPT, sebagai alat bantu kerja yang praktis dan efisien. Pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan langsung dan aplikatif, dimulai dari pengenalan konsep Artificial Intelligence (AI), penyediaan perangkat pelatihan, hingga praktikum menyusun prompt untuk keperluan mencari informasi kesehatan dan membuat laporan kegiatan. Kegiatan ini mencakup beberapa tahapan, antara lain analisis kebutuhan mitra, penyusunan materi pelatihan, penyediaan fasilitas seperti laptop dan internet, serta sesi pelatihan yang dipandu secara langsung. Praktikum disusun agar kader dapat memahami langkah-langkah penggunaan ChatGPT untuk mendukung tugas harian mereka. Selain itu, kader juga diarahkan untuk mencoba membuat laporan kerja dan menyusun materi edukasi kesehatan berbasis AI. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman kader terhadap teknologi, serta keterampilan praktis dalam mengakses informasi dan menyusun dokumen dengan lebih cepat. Kader juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam menerapkan teknologi ini ke dalam tugas mereka. Kegiatan ini membuktikan bahwa ChatGPT dapat menjadi solusi digital yang tepat guna untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja kader kesehatan di tingkat komunitas.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Emmy Febriani Thalib, Ni Putu Suci Meinarni, I Putu Agus Eka Darma Udayana, Dewa Komang Hanum Bhavita Ananda, I Gede Krisna Mahardika, I Gusti Agung Ngurah Adhitya Khrismayanahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/31Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) Untuk Meningkatkan Manajemen dan Literasi Pada SD Negeri 7 Kesiman - Denpasar2025-07-01T08:12:45+00:00Ni Kadek Nita Noviani PandeI Dewa Ayu Agung Tantri ParamawatiAdi Panca Putra IskandarI Kadek Dwi Gandika Supartha<p>Keterbatasan akses dan pengelolaan perpustakaan fisik menjadi tantangan utama dalam peningkatan literasi siswa di SD Negeri 7 Kesiman, Denpasar. Sebagai respons terhadap masalah ini, dilakukan kegiatan pengabdian melalui implementasi <em>Senayan Library Management System</em> (SLIMS) guna mendukung digitalisasi perpustakaan sekolah. Kegiatan ini diawali dengan survei kebutuhan dan kesiapan sarana, dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan aplikasi SLIMS kepada siswa, guru, dan pustakawan. Pelatihan meliputi pengenalan fitur, pencatatan koleksi, transaksi peminjaman dan pengembalian, serta penggunaan fitur OPAC (<em>Online Public Access Catalog</em>). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan SLIMS meningkatkan efisiensi pengelolaan koleksi dan memudahkan akses literasi secara daring bagi warga sekolah. Selain itu, adanya X-banner edukatif dan pelatihan literasi digital turut memperkuat kesadaran pentingnya budaya membaca dan penguasaan teknologi informasi. Kesimpulannya, digitalisasi perpustakaan melalui SLIMS mampu memberikan solusi terhadap keterbatasan layanan konvensional serta meningkatkan minat baca dan pengelolaan informasi di lingkungan sekolah dasar.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Kadek Nita Noviani Pande, I Dewa Ayu Agung Tantri Paramawati, Adi Panca Putra Iskandar, I Kadek Dwi Gandika Suparthahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/45Implementasi Game Edukasi Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Banjarangkan2025-07-02T09:26:58+00:00Ni Wayan Suardiati PutriDesak Made Dwi Utami PutraEvi Dwi KrisnaKomang Wicaksana<p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sekolah dasar terhadap matematika melalui integrasi game edukasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara terstruktur melalui tahapan identifikasi masalah, analisis kebutuhan, pengembangan media, implementasi di sekolah, serta evaluasi efektivitas. Game edukasi yang dikembangkan mencakup materi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Permainan dirancang secara interaktif, menyenangkan, dan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Implementasi dilakukan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Klungkung dengan melibatkan siswa dalam kelompok kecil serta pelatihan bagi guru. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Siswa lebih antusias dan aktif selama pembelajaran, sementara guru merasa terbantu dalam menyampaikan materi. Meskipun efektif, game edukasi disarankan sebagai metode pelengkap, bukan pengganti, agar tercipta proses pembelajaran yang seimbang dan komprehensif sesuai kebutuhan siswa.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Wayan Suardiati Putri, Desak Made Dwi Utami Putra, Evi Dwi Krisna, Komang Wicaksanahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/72Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi Melalui Pelatihan Canva Bagi Siswa SD Raj Yamuna2025-07-09T03:00:36+00:00Indra PratisthaNi Wayan Jeri Kusuma DewiAdi Panca Saputra IskandarAnak Agung Gede EkayanaDewa Ayu Putri WulandariFathiya KamilaI Made Hendra Winata Putra<p>Kemajuan teknologi informasi saat ini menuntut adanya peningkatan literasi digital, termasuk di kalangan peserta didik tingkat dasar. Sekolah Raj Yamuna, sebagai lembaga pendidikan berbasis internasional yang berlokasi di Denpasar, menginisiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan penggunaan aplikasi desain grafis Canva bagi siswa kelas 6. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengaplikasikan teknologi informasi secara kreatif dan produktif. Pelatihan dilaksanakan pada 17–18 Maret 2025, dengan jumlah peserta sebanyak 37 siswa. Metode pelaksanaan mencakup beberapa tahapan: persiapan materi, penyampaian teori, praktik langsung, pendampingan, hingga evaluasi. Materi pelatihan difokuskan pada pembuatan poster edukatif bertema Hari Raya Nyepi dan presentasi digital sederhana menggunakan Canva. Evaluasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert terhadap lima indikator pemahaman siswa mengenai kemudahan penggunaan Canva. Hasil analisis menunjukkan seluruh indikator memperoleh nilai rata-rata di atas 3, yang mengindikasikan bahwa siswa dapat memahami serta mengimplementasikan materi pelatihan dengan baik. Selain itu, antusiasme siswa selama pelatihan sangat tinggi, yang turut mendukung keberhasilan kegiatan. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam memanfaatkan teknologi digital, sekaligus mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif. Kegiatan ini juga memperlihatkan sinergi positif antara institusi pendidikan tinggi dan sekolah dasar dalam upaya menciptakan generasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 indra pratistha, Ni Wayan Jeri Kusuma Dewi, Adi Panca Saputra Iskandar, Anak Agung Gede Ekayana, Fathiya Kamila, I Made Hendra Winata Putrahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/86Implementasi Alat Deteksi Telur Fertil Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Produktivitas Peternakan Ayam Lokal Bali 2025-07-11T20:37:30+00:00I Kadek Dwi Gandika Supartha SuparthaI Made SukafonaNi Made SudiantiNi Kade Ayu Nirwana<p>Peternakan ayam lokal Bali di Sading, Badung, menghadapi tantangan produktivitas akibat metode manual (candling) untuk identifikasi telur fertil yang tidak efisien, kurang akurat, dan menciptakan risiko operasional karena ketergantungan pada keahlian satu orang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan alat deteksi telur berbasis teknologi guna meningkatkan akurasi, efisiensi, dan keberlanjutan proses produksi. Metode pelaksanaan yang berlangsung pada Mei-Juni 2025 meliputi sosialisasi, pelatihan, implementasi, dan evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif (perbandingan kinerja) dan kualitatif (kuesioner). Hasil evaluasi menunjukkan alat mencapai tingkat akurasi 96%, sedikit lebih unggul dari metode manual ahli (95%), dan mampu mengurangi estimasi kesalahan sebesar 20%. Meskipun kecepatan identifikasi alat (130 telur/jam) sedikit lebih rendah dari manual (150 telur/jam), nilai utamanya adalah kemampuan setiap pekerja untuk mencapai akurasi yang konsisten. Secara kualitatif, teknologi ini mendapat penerimaan yang sangat positif dari mitra, dengan skor tinggi pada kemudahan penggunaan (4.8/5), manfaat pada fleksibilitas alur kerja (5/5), dan peningkatan kepercayaan diri pekerja (4.9/5). Implementasi teknologi ini berhasil mentransfer keahlian spesifik, membangun sistem operasional yang lebih tangguh dengan menghilangkan ketergantungan, serta meningkatkan efisiensi dan pemberdayaan sumber daya manusia yang berpotensi meningkatkan produktivitas peternakan secara signifikan.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Kadek Dwi Gandika Supartha Supartha, I Made Sukafona, Ni Made Sudianti, Ni Kade Ayu Nirwanahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/28Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SMP Negeri 2 Denpasar2025-07-01T07:36:05+00:00Christina Purnama YantiNi Luh Wiwik Sri Rahayu GinantraTheresia Hendrawati<p>Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital siswa SMP Negeri 2 Denpasar melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta dokumentasi. Pada tahap pelaksanaan, siswa diperkenalkan pada konsep dasar AR, membuat akun pada platform WebAR Studio, serta mengikuti sesi workshop pembuatan konten AR sederhana. Peserta dibagi dalam kelompok untuk merancang proyek pembelajaran interaktif berbasis AR dengan menggunakan model 3D dari pustaka terbuka. Evaluasi dilakukan melalui presentasi hasil proyek serta survei kepuasan peserta. Hasil menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep AR dan menghasilkan proyek sederhana yang relevan dengan materi pembelajaran. Sebanyak 90% peserta menyatakan pelatihan ini menarik, menambah wawasan, dan meningkatkan kreativitas mereka dalam bidang teknologi. Pelatihan ini membuktikan bahwa teknologi AR dapat menjadi media pembelajaran inovatif yang efektif jika diterapkan dengan pendekatan yang sesuai. Kegiatan ini juga mendorong kolaborasi, eksplorasi, dan pengembangan keterampilan abad 21 bagi siswa. Pelatihan serupa diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari program literasi digital di sekolah menengah.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Christina Purnama Yanti, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Theresia Hendrawatihttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/37A Implementasi Sistem Pendeteksi Debu pada Rak Penyimpanan Patung Kayu di Rayana Studio Peliatan Ubud 2025-07-01T17:54:43+00:00I Wayan SudiarsaAyu Gede WilldahliaGede Agus SantiagoI Gede Totok SuryawanI Made Arya Waras Arimbawa<p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan penumpukan debu dan kelembaban berlebih yang sering terjadi pada gudang penyimpanan patung kayu di Rayana Studio, Desa Peliatan, Ubud. Permasalahan ini menyebabkan kerusakan pada produk dan menurunkan efisiensi operasional. Solusi yang ditawarkan adalah penerapan sistem monitoring berbasis Internet of Things (IoT) yang menggunakan sensor GP2Y1010AU0F untuk deteksi debu dan DHT22 untuk suhu dan kelembaban, dengan NodeMCU ESP32 sebagai mikrokontroler. Sistem ini mengirimkan data secara real-time ke dashboard berbasis web yang dilengkapi notifikasi otomatis saat ambang batas terlampaui. Kegiatan dilaksanakan melalui lima tahapan utama: analisis kondisi gudang, desain dan pengembangan sistem, instalasi dan uji coba alat, pelatihan mitra, serta implementasi sistem dalam operasional harian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem bekerja sesuai harapan dan mampu meningkatkan efektivitas manajemen penyimpanan. Program ini berhasil memberdayakan mitra dalam menerapkan teknologi berbasis data untuk menjaga kualitas produk dan mendukung keberlanjutan usaha kerajinan patung kayu.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Wayan Sudiarsa, Ayu Gede Willdahlia, Gede Agus Santiago, I Gede Totok Suryawan, I Made Arya Waras Arimbawahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/66Pemberdayaan UMKM Keris Art Shop melalui Optimalisasi Website WordPress sebagai Strategi Branding dan Promosi Digital2025-07-04T12:36:27+00:00Ni Kadek Bumi KrismentariI Kayan HerdianaI Putu Hendika PermanaBagus Kusuma WijayaNi Kadek Ayu Nirwana<p>Transformasi digital telah mengubah cara masyarakat mengakses informasi dan melakukan aktivitas ekonomi, termasuk dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu media digital yang efektif untuk mendukung proses branding dan promosi adalah website. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM Keris Art Shop melalui pemanfaatan website berbasis WordPress sebagai sarana branding dan promosi produk secara digital. Keris Art Shop merupakan usaha keluarga yang bergerak di bidang seni budaya Bali, khususnya dalam penjualan keris, genta, dan produk kerajinan tradisional lainnya. Usaha ini menghadapi tantangan dalam adaptasi teknologi digital, terutama dalam hal pengelolaan website dan minimnya sumber daya manusia yang memiliki keterampilan teknis. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi awal untuk mengidentifikasi kebutuhan mitra, pelatihan pengelolaan konten digital, serta pendampingan teknis dalam membangun dan mengelola website. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Keris Art Shop kini memiliki website aktif yang menampilkan informasi profil usaha, katalog produk, layanan pemesanan online, testimoni pelanggan, serta kontak yang dapat diakses langsung. Website ini tidak hanya memperkuat citra merek secara profesional, tetapi juga memperluas jangkauan promosi hingga ke konsumen luar daerah dan mancanegara. Pemanfaatan platform WordPress juga memungkinkan pengelolaan konten secara mandiri oleh pemilik usaha. Kegiatan ini diharapkan menjadi model praktik baik bagi UMKM lain dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Kadek Bumi Krismentari, I Kayan Herdiana, I Putu Hendika Permana, Bagus Kusuma Wijaya, Ni Kadek Ayu Nirwanahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/77Pemanfaatan Canva dan TikTok untuk Strategi Pemasaran Digital UMKM Undangan Exclusive2025-07-10T00:47:01+00:00Happy Budyana SariNi Putu Suci MeinarniGusti Ayu Shinta Dwi AstariAyu Pande Diah Widhya DewiLaila Nur AzizahBagus Kusuma Wijaya<p>UMKM Undangan Exclusive merupakan usaha penyedia jasa undangan digital berbasis di Denpasar yang menghadapi kendala dalam memperluas jangkauan pemasaran produknya. Pemasaran sebelumnya masih bersifat personal melalui jaringan pertemanan dan aplikasi pesan instan, sehingga belum menjangkau audiens yang lebih luas secara digital. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi mitra dalam membangun strategi promosi digital yang efektif melalui dua pendekatan utama, yaitu pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva untuk pembuatan katalog produk dan konten visual, serta penggunaan media sosial TikTok untuk menyebarkan konten promosi secara luas dan menarik. Kegiatan dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari observasi dan analisis kebutuhan mitra, pelatihan penggunaan Canva dan TikTok, pembuatan akun bisnis, penyusunan strategi konten, hingga evaluasi hasil tayangan media sosial. Konten promosi yang dirancang meliputi katalog digital, reels kreatif, video transisi desain undangan, serta interaksi melalui fitur TikTok seperti komentar dan kunjungan profil. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan visibilitas mitra di media sosial: jumlah kunjungan TikTok mencapai lebih dari 600 akun, video promosi ditonton ratusan kali, dan akun Instagram mitra mulai aktif dengan konten tematik. Selain itu, mitra juga menerima pesanan nyata melalui jalur digital. Kegiatan ini membuktikan bahwa dengan pendekatan teknologi sederhana namun terstruktur, UMKM dapat meningkatkan daya saing dan eksistensinya di pasar digital.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Happy Budyana Sari, Ni Putu Suci Meinarni, Gusti Ayu Shinta Dwi Astari, Ayu Pande Diah Widhya Dewi, Laila Nur Azizah, Bagus Kusuma Wijayahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/12Penerapan Virtual Tour 360 Pada Pura Goa Lawah Sebagai Media Informasi Berbasis Website2025-06-27T07:36:03+00:00I Made Subrata SandhiyasaI Kadek Budi SandikaI Putu Agus Eka Darma UdayanaI Gede Adi Sudi AnggaraKetut Jaya AtmajaI Ketut Aldy Pramana Putra<p>Pura Goa Lawah merupakan salah satu situs budaya dan spiritual penting di Bali yang memiliki nilai sejarah dan keagamaan tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pelestarian dan penyebaran informasi mengenai situs-situs budaya seperti Pura Goa Lawah dapat dilakukan melalui digitalisasi berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi berupa Virtual Tour 360 berbasis website sebagai bentuk digitalisasi budaya yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah <em>Multimedia Development Life Cycle (MDLC)</em> yang terdiri dari enam tahap, yaitu: <em>concept</em>, <em>design</em>, <em>material collecting</em>, <em>assembly</em>, <em>testing</em>, dan <em>distribution</em>. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Virtual Tour yang dikembangkan mampu menampilkan area utama Pura Goa Lawah secara interaktif dengan titik navigasi (hotspot) yang menyediakan informasi sejarah, filosofi, dan etika kunjungan ke pura. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 98,6% responden menyatakan setuju dengan pengembangan Virtual Tour ini karena dianggap mampu memberikan kemudahan dalam mengakses informasi serta membantu pelestarian warisan budaya. Dengan demikian, penerapan teknologi Virtual Tour 360 pada situs budaya seperti Pura Goa Lawah terbukti efektif sebagai media informasi dan pelestarian berbasis digital.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Made Subrata Sandhiyasa, I Kadek Budi Sandika, I Putu Agus Eka Darma Udayana, I Gede Adi Sudi Anggara, Ketut Jaya Atmaja, I Ketut Aldy Pramana Putrahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/33Pemberdayaan Masyarakat Terunyan dalam Mitigasi Tanah Longsor dan Pertanian Hortikultura Berbasis IoT2025-07-01T10:17:15+00:00I Gede AdnyanaNi Ketut Utami NilawatiI Dewa Gede AristanaIda Bagus Putu MardanaGede WidayanaNia Herlina<p>Desa Terunyan, salah satu desa Bali Aga di kawasan Geowisata Gunung Batur, Kintamani, memiliki luas 12 km² dengan kondisi topografi curam dan berbukit. Desa ini terdiri dari enam dusun dan dihuni oleh sekitar 3.394 jiwa (905 KK), di mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani hortikultura dan pembudidaya ikan mujair di sekitar Danau Batur. Sementara itu, warga yang tinggal di daerah bukit menghadapi kesulitan air, kemiskinan ekstrem, dan tergolong sebagai kantong gepeng di Bali. Bukit Terunyan sangat rawan longsor karena tanah gembur dan batuan vulkanik mudah tererosi, menyebabkan kerusakan infrastruktur dan menghambat aktivitas ekonomi. Dusun Banjar Bunut dan Banjar Madia dengan 346 KK sangat terdampak kekeringan dan keterbatasan irigasi. Melalui program Kosabangsa, dua kelompok masyarakat dijadikan mitra: Kelompok Tani “Taru Menyan” di bidang pertanian, dan Sekaha Teruna Teruni “Yowana Kerti” dalam mitigasi bencana. Pendekatan yang digunakan adalah PALS (<em>Participatory Action Learning System</em>) dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta penguatan kelembagaan. Program ini menargetkan pengembangan kawasan Geopark Terunyan berbasis mitigasi bencana tanah longsor dan budidaya hortikultura dengan dukungan teknologi IoT.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Gede Adnyana, Ni Ketut Utami Nilawati, I Dewa Gede Aristana, Ida Bagus Putu Mardana, Gede Widayana, Nia Herlinahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/54Pemberdayaan Mitra Tani PT. BISI dalam Pengelolaan limbah Biomassa Tanaman di Desa Sonobekel Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk2025-07-02T13:36:11+00:00Ummu Fitrothul HidayahAptika Hana Prastiwi NareswariJunaidi JunaidiWardatul Chamro’Chendy Tafakresnanto<p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota mitra tani PT. BISI di Desa Sonobekel, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, dalam mengelola limbah biomassa hasil pertanian menjadi silase. Permasalahan utama yang dihadapi petani adalah rendahnya pemanfaatan biomassa limbah pertanian dan terbatasnya pengetahuan mengenai teknologi tepat guna untuk pakan ternak. Metode yang dilaksanakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan teknis, dan pendampingan lapangan. Bahan yang digunakan meliputi biomassa pasca panen jagung, molase, Effective Mikroorganisme (EM4), dedak, dan air. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memproduksi silase secara mandiri sebesar 84%. Produk hasil pelatihan digunakan oleh petani sebagai pakan cadangan ternak saat musim kemarau. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertanian terpadu yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di wilayah mitra tani PT. BISI khususnya di Nganjuk.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ummu Fitrothul Hidayah; Aptika Hana Prastiwi Nareswari, Junaidi, Wardatul Chamro’, Chendy Tafakresnantohttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/74Penerapan Worksheet untuk Pembelajaran Algoritma Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Pengenalan Computation Thinking2025-07-09T04:30:12+00:00Ni Luh Wiwik Sri Rahayu GinantraChristina Purnama YantiTheresia Hendrawati<p>Pembelajaran algoritma dasar dan <em>computational thinking</em> merupakan fondasi penting dalam menghadapi era digital. Namun, pengenalan konsep ini pada anak-anak, khususnya siswa Sekolah Dasar (SD), seringkali dianggap sulit karena sifatnya yang abstrak. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan <em>worksheet</em> (lembar kerja) sebagai media pembelajaran algoritma dasar bagi siswa SD guna memperkenalkan <em>computational thinking</em> secara sederhana dan menyenangkan. <em>Worksheet</em> dirancang dengan pendekatan visual dan aktivitas praktis yang sesuai dengan tingkat kognitif anak-anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi tiga tahap utama: persiapan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan <em>worksheet</em> efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep algoritma dasar. Siswa terlihat antusias dan aktif selama proses pembelajaran, serta mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Selain itu, <em>worksheet</em> juga membantu guru dalam menyampaikan materi yang sebelumnya dianggap sulit dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif dalam memperkenalkan <em>computational thinking</em> sejak dini, yang diharapkan dapat menjadi bekal bagi siswa dalam menghadapi tantangan di era digital. Luaran dari kegiatan ini adalah bahwa <em>worksheet</em> dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk memperkenalkan algoritma dasar dan <em>computational thinking</em> kepada siswa SD. Melalui pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, siswa tidak hanya memahami konsep dasar algoritma tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir logis dan sistematis.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Christina Purnama Yanti, Theresia Hendrawatihttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/29Implementasi Sistem Informasi Penjualan Bengkel berbasis Website pada Bengkel Jaya Motor2025-07-01T08:03:50+00:00I Gede SudiantaraI Putu Noven HartawanI Dewa Putu Gede Wiyata PutraAyu Gede Willdahlia<p>Di era digital saat ini, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi agar mampu meningkatkan efisiensi operasional. Bengkel Jaya Motor sebagai salah satu UMKM di bidang jasa otomotif masih menggunakan pencatatan transaksi penjualan dan manajemen stok secara manual, yang sering menimbulkan kendala seperti kehilangan data dan keterlambatan laporan. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, telah dirancang dan diimplementasikan sistem informasi penjualan berbasis website yang bertujuan membantu mitra dalam mengelola transaksi, data barang, dan laporan penjualan secara lebih cepat dan akurat. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, hingga pelatihan. Pengujian sistem dilakukan melalui User Acceptance Testing (UAT) yang melibatkan pemilik dan karyawan Bengkel Jaya Motor. Hasil implementasi menunjukkan bahwa seluruh fitur utama berfungsi dengan baik dan diterima oleh pengguna. Penggunaan sistem ini terbukti mempermudah pencatatan transaksi, mempercepat pembuatan laporan, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data. Hasil PKM ini diharapkan dapat menjadi contoh penerapan solusi digital yang sederhana, aplikatif, dan relevan bagi UMKM di sektor jasa otomotif maupun bidang usaha sejenis.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Gede Sudiantara, I Putu Noven Hartawan, I Dewa Putu Gede Wiyata Putra, Ayu Gede Willdahliahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/40Implementasi Alat Pengering Berbasis IoT untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kualitas Produksi Kerupuk di Desa Tonja 2025-07-01T22:19:18+00:00I Nyoman Buda HartawanKadek SuryatiAnak Agung Gede Agung Yustikawangsa<p>Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi kerupuk di Desa Tonja melalui penerapan alat pengering berbasis Internet of Things (IoT). Proses pengeringan kerupuk yang sebelumnya bergantung pada cuaca dan sinar matahari kini dapat dilakukan dengan lebih konsisten, meskipun cuaca tidak mendukung. Alat pengering ini dapat mengontrol suhu dan kelembapan secara otomatis, sehingga mempercepat waktu pengeringan dan mengurangi ketergantungan pada cuaca. Meskipun ada tantangan dalam adopsi teknologi oleh pelaku usaha, hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi waktu produksi dan kualitas produk. Program ini memberikan dampak positif dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro, meskipun masih membutuhkan pelatihan lanjutan agar teknologi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Nyoman Buda Hartawan, Kadek Suryati, Anak Agung Gede Agung Yustikawangsahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/71Penerapan Teknologi Digital dalam Pengelolaan Menu dan Keuangan pada UMKM Little Goods Coffee2025-07-09T01:03:07+00:00Ni Putu Suci MeinarniPutu Satria UdyanaI Gusti Ayu AnomYuni SafitriHermalia PutriEmilianus Ray Fernando<p>UMKM Little Goods Coffee di Denpasar menghadapi tantangan dalam pengelolaan bisnis, khususnya pada aspek visualisasi menu dan pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual. Keterbatasan ini menghambat efisiensi operasional dan mengurangi daya tarik pelanggan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha melalui penerapan solusi berbasis teknologi, yaitu pengembangan desain buku menu yang menarik secara visual dan pembuatan template pembukuan digital menggunakan spreadsheet. Realisasi kegiatan diawali dengan observasi dan analisis kebutuhan mitra, dilanjutkan dengan proses desain dan pengembangan template, serta pelatihan kepada pemilik usaha terkait penggunaan alat-alat tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra mampu mengimplementasikan desain menu baru yang lebih informatif dan menarik, serta mengelola keuangan usaha secara lebih efisien dengan bantuan template pembukuan. Selain itu, pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan keterampilan digital pemilik usaha, yang berdampak pada profesionalitas pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil menjawab tantangan utama mitra dan memberikan dampak nyata dalam meningkatkan efisiensi dan daya tarik usaha. Pendekatan berbasis desain dan digitalisasi terbukti menjadi strategi efektif dalam pemberdayaan UMKM di era teknologi.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ni Putu Suci Meinarni, Putu Satria Udyana, I Gusti Ayu Anom, Yuni Safitri, Hermalia Putri, Emilianus Ray Fernandohttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/79Digitalisasi Pura Samuan Tiga sebagai Destinasi Wisata Edukasi Berbasis Virtual Reality Tour2025-07-10T01:11:20+00:00Ida Bagus Ary Indra IswaraI Putu Angga Maysa PutraMade Satyadharma LaksanaIda Bagus Gede Sarasvananda<p>Pura Samuan Tiga merupakan situs cagar budaya yang terletak di Desa Bedulu, Gianyar, Bali. Pura ini memiliki nilai historis yang penting dalam perkembangan agama Hindu di Bali, khususnya dalam konsep Tri Murti. Namun demikian, potensi besar ini belum didukung oleh dokumentasi yang memadai maupun visualisasi yang menarik, sehingga memengaruhi daya tariknya sebagai destinasi wisata edukatif. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu mitra dalam meningkatkan eksistensi Pura Samuan Tiga melalui media digital edukatif. Kegiatan dimulai dengan observasi langsung, dokumentasi elemen-elemen bangunan, pengambilan foto dan video, wawancara dengan pengempon, serta pengumpulan data sejarah dan budaya. Proses ini dilanjutkan dengan pengambilan gambar panorama 360 derajat untuk pembangunan media Virtual Reality Tour yang disematkan dalam website interaktif. Website dirancang secara sederhana namun menarik dengan fitur utama seperti sejarah, informasi bangunan, galeri visual, dan Virtual Reality Tour. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa media digital ini efektif dalam menyampaikan informasi secara menarik, mendalam, dan mudah diakses. Fitur Virtual Reality Tour memberikan pengalaman virtual yang imersif kepada pengunjung untuk menjelajahi pura secara daring. Kesimpulannya, pemanfaatan teknologi digital berupa dokumentasi visual dan Virtual Reality Tour mampu menjawab tantangan pengembangan wisata edukatif berbasis budaya. Langkah ini mendukung pelestarian warisan budaya secara modern dan meningkatkan keterlibatan masyarakat, terutama generasi muda, dalam memahami dan menghargai nilai-nilai lokal.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ida Bagus Ary Indra Iswara, I Putu Angga Maysa Putra, Made Satyadharma Laksana, Ida Bagus Gede Sarasvanandahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/20Starting a Digital Journey with INS.ID: Peningkatan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Word2025-06-30T11:00:16+00:00I Gusti Ayu Agung Mas Aristamy Putu Risanti IswardaniAyu Gede WilldahliaNi Made Astini RahayuKomang Redy Winatha<p>Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa di SD Negeri 2 Taman, Kabupaten Badung, Bali. Permasalahan utama mitra meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan rendahnya keterampilan digital di kalangan siswa maupun guru. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan penggunaan Microsoft Word untuk siswa kelas IV, dengan pendekatan praktik langsung dan partisipatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 80% siswa memahami fungsi dasar Microsoft Word, 90% aktif mengikuti seluruh kegiatan, dan menunjukkan peningkatan kepercayaan diri. Guru juga turut terlibat sebagai fasilitator untuk menjamin keberlanjutan program. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pelatihan digital sejak dini serta perlunya penguatan infrastruktur sebagai pendukung ekosistem pembelajaran berbasis teknologi.</p>2025-07-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Gusti Ayu Agung Mas Aristamy , Putu Risanti Iswardani, Ayu Gede Willdahlia, Ni Made Astini Rahayu, Komang Redy Winathahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/11Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan Website E-Commerce Bagi Masyarakat Desa Pecatu Melalui Kolaborasi INSTIKI dan BUMDes Catu Kwero Sedana2025-06-25T17:12:50+00:00I Dewa Ayu Agung Tantri tantriI Kadek Budi SandikaI Kadek Dwi Gandika Supartha Ni Putu Ayu Siska Wulantari<p>Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan <em>e-commerce</em>. Desa Pecatu, Kabupaten Badung, Bali, memiliki potensi ekonomi lokal yang besar, namun strategi pemasaran masih bersifat konvensional. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa INSTIKI, masyarakat Desa Pecatu, khususnya BUMDes <em>Catu Kwero Sedana</em>, diberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan website e-commerce berbasis WordPress. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk lokal melalui digitalisasi dan pelatihan teknis pengelolaan konten dan promosi daring. Metode yang digunakan bersifat partisipatif dan berbasis praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam mengelola toko online secara mandiri. Kegiatan ini juga menjadi media pembelajaran aplikatif bagi mahasiswa serta menjadi langkah awal dalam mendukung transformasi digital yang berkelanjutan di wilayah pedesaan.</p>2025-07-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Dewa Ayu Agung Tantri tantri; I Kadek Budi Sandika; I Kadek Dwi Gandika Supartha ; Ni Putu Ayu Siska Wulantarihttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/4Workshop dan Sosialisasi "Peranan Digitalisasi dalam Pengembangan Usaha dan Pemasaran Produk bagi Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM)" di Disperindag Provinsi Bali2025-06-23T10:13:53+00:00I Ketut SutarwiyasaI Gusti Made AryadiI Wayan Yogi Danuartha<p>Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Provinsi Bali memiliki potensi besar dalam menghasilkan produk berbasis budaya lokal, namun menghadapi tantangan signifikan dalam hal pemasaran digital, branding, dan efisiensi produksi. Masih banyak pelaku IKM yang mengandalkan metode konvensional dan belum mampu memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Melalui program ini, tim pengusul menawarkan solusi strategis berupa pelatihan digitalisasi pemasaran, penguatan identitas merek, dan peningkatan kapasitas produksi. Kegiatan ini mencakup pelatihan e-commerce, pembuatan konten digital, pengelolaan toko online, serta penggunaan media sosial dan aplikasi analitik. Di bidang branding, pelaku IKM akan dibimbing dalam menyusun narasi produk, membuat logo, serta strategi promosi efektif. Sementara itu, untuk peningkatan produksi, akan diperkenalkan teknologi tepat guna serta pelatihan manajemen produksi modern. Metode pelaksanaan melibatkan tahapan sosialisasi, pelatihan, pendampingan intensif, hingga evaluasi berbasis data digital. Implementasi teknologi seperti LMS, aplikasi manajemen proyek, dan dashboard analitik diharapkan memperkuat efektivitas program. Hasil yang diharapkan mencakup peningkatan daya saing produk lokal, perluasan akses pasar, efisiensi usaha, dan pelestarian identitas budaya Bali melalui digitalisasi. Program ini menjadi upaya nyata membangun ekosistem IKM Bali yang tangguh, inovatif, dan berkelanjutan di era transformasi digital.</p>2025-07-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 I Ketut Sutarwiyasa, I Gusti Made Aryadi, I Wayan Yogi Danuarthahttps://eproceeding.instiki.ac.id/spasi/catalog/book/2Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web pada Koperasi Serba Usaha Eka Bandana Pemecutan 2025-06-18T09:14:40+00:00Made Suci AriantiniAnak Agung Intan Pramesti MaydiastarieI Putu Arya MulyawanI Putu Gede Abdi Sudiatmika<p>Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu Koperasi Serba Usaha Eka Bandana Pemecutan dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan transaksi keuangan melalui penerapan sistem informasi akuntansi berbasis web. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa koperasi masih menggunakan pencatatan manual dalam mengelola laporan keuangan seperti jurnal transaksi, buku besar, dan laporan laba rugi, yang rentan terhadap kesalahan input, keterlambatan pelaporan, serta kesulitan dalam pencarian data historis. Oleh karena itu, diperlukan solusi digital yang mampu memfasilitasi proses akuntansi secara sistematis, terintegrasi, dan mudah diakses oleh pengurus koperasi. Realisasi kegiatan dimulai dari tahap analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, hingga pelatihan penggunaan sistem kepada pengurus koperasi. Sistem ini dibangun menggunakan teknologi berbasis web agar dapat diakses kapan saja dan di mana saja, serta mencakup fitur utama seperti pencatatan transaksi, pengelompokan akun, penyusunan laporan keuangan otomatis, dan sistem login berbasis hak akses. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi yang dikembangkan mampu mempercepat proses pencatatan, mengurangi kesalahan manual, dan menyajikan laporan keuangan secara real-time. Para pengurus koperasi menyambut positif sistem ini dan merasa terbantu dalam menjalankan fungsi manajerial dan pengambilan keputusan keuangan. Kesimpulannya, implementasi sistem informasi akuntansi berbasis web memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan tata kelola keuangan koperasi secara efisien, transparan, dan berkelanjutan.</p>2025-07-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Made Suci Ariantini, Anak Agung Intan Pramesti Maydiastarie, I Putu Arya Mulyawan, I Putu Gede Abdi Sudiatmika